Kamis, 04 Oktober 2012

ORACLE


A. Oracle
Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang memiliki kesan yang negatif terhadap Oracle. Namun disamping itu, oracle juga memiliki eberapa keunggulan di antaranya, Oracle menyediakan teknologi paling lengkap, terbuka, dan terintegrasi di dunia stack, termasuk database, perangkat lunak bisnis, sistem operasi, server, dan storage. Strategi produk Oracle menyediakan fleksibilitas dan pilihan seluruh infrastruktur sehingga oracle dapat digolongkan database  RDBMS. Selain di atas, oracle juga memiliki keefisienan dan keefektifan yang sangat membantu dalam pengelolaan data, seperti :
- Dapat diakses oleh lebih dari satu komputer menalui client server,
- Dapat akses data secara continue dan terstruktur,
- Menjamin ketersediaan yang terkontrol,
- Memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar,
- Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi,
- Menjamin ketersediaan yang terkontrol.

# Berikt System Pengolahan Data Pada Oracle



B. Type-type data (fungsi) yang Terdapat Pada Oracle

1. CHAR
    Tipe data char memiliki ciri-ciri yaitu dengan karakter string yang panjang. Pada char memiliki panjang yang tetap karena pada tipe ini karakter yang disimpan agar memiliki ukutan kang terbatas sehingga mendukung kekonsistenan data. Karena tipe ini memiliki fungsi demikian, maka apabila kita menginputkan data melebihi batas maksimal pada char, maka akan ditampilkan pesan eror.

2. NCHAR
    Tipe data NCHAR adalah tipe data Unicode-only. Bila Anda membuat sebuah tabel dengan kolom NCHAR, Anda akan diminta menentukan panjang kolom dalam karakter. Anda mendefinisikan karakter nasional saat Anda membuat (create) database Anda.

3. NVARCHAR2
    Untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000, tergantung dari karakter nasional yang dipakai dalam database.

4. VARCHAR2
    Tipe data VARCHAR2 menetapkan string karakter variabel-panjang. Ketika membuat kolom VARCHAR2, anda akan diminta menyertakan jumlah maksimal byte atau karakter data yang dapat diisikan kedalamnya. Oracle kemudian menyimpan setiap nilai dalam kolom persis seperti yang Anda tentukan itu, asalkan nilai tidak melebihi panjang maksimum kolom tentang kolom. Jika Anda mencoba untuk memasukkan nilai yang melebihi panjang yang ditentukan, maka Oracle akan menampilkan pesan error. Banyak yang menegaskan agar lebih mengunakan varchar2 dibandingkan varchar1 karena disaming banyaknya kesamaan, tetapi varchar2 lebih unggul.

5.  LONG
    Kolom LONG didukung hanya untuk kompatibilitas. Kolom LONG menyimpan string karakter yang mengandung variabel-panjang sampai dengan 2 gigabyte -1 atau 231-1 byte. Kolom LONG memiliki banyak karakteristik kolom VARCHAR2. Anda dapat menggunakan kolom LONG untuk menyimpan string teks panjang. Panjang nilai LONG mungkin dibatasi oleh memori yang tersedia pada komputer Anda. Namun akan lebih baik lagi apabila anda menggunakan kolom LOB (CLOB, NCLOB, BLOB) sebagai gantinya.

6.  RAW dan LONG RAW
    Tipe data RAW dan LONG RAW menyimpan data yang tidak secara eksplisit dikonversi oleh Oracle Database ketika memindahkan data antara sistem yang berbeda. Tipe data ini
dimaksudkan untuk data biner atau string byte. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan
LONG RAW untuk menyimpan grafik, sound, dokumen, atau array data biner, yang
penafsirannya tergantung pada penggunaan masing-masing.
   

C. Tools Yang Biasa Digunakan Pada Database Oracle

-Oracle Universal Installer : Digunakan untuk instalasi software oracle, dan dapat juga digunakan untuk menjalankan Oracle database configuration assistant untuk menginstal sebuah database
-Oracle Database Configuration Assistant : Digunakan untuk meng-create database dari template yang dibuat oleh oracle, atau kita dapat membuat database sendiri sesuai keinginan kita
-Database Upgrade Assistant : Tools yang membantu kita dalam melakukan upgrade database.
-Net Configuration Assistant : Digunakan untuk konfigurasi listener dan naming methods, yang merupakan komponen penting dalam oracle database network
-Oracle Enterprise Manager Database Control : Tools yang digunakan untuk me­-manage oracle database interface yang berbasis web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar